KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS X SMA

Widya Rafika Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan berkomunikasi siswa kelas X SMA PGRI Pekanbaru, melalui penerapan model Student Facilitator and Explaining pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI Pekanbaru tahun 2019 dikelas X IPA yang berjumlah 29 siswa, dimana siswa laki-laki berjumlah 14 orang sedangkan siswa perempuan berjumlah 15 orang. Desain penelitian menggunakan jenis pre-eksperimental design bentuk one shot case study. Instrumenn penelitian menggunakan lembar observasi untuk kemampuan komunikasi lisan dan lembar penilaian laporan LKS untuk komunikasi tertulis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan indikator kemampuan berkomunikasi lisan yang meliputi mengemukakan informasi dan gagasan, memberikan perhatian saat orang lain berbicara, memberi respon, dan bertanya, siswa memiliki kemampuan dengan kategori tinggi. Selanjutnya kemampuan bekomunikasi tertulis siswa untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan rata-rata setiap indikator yang meliputi ketepatan jawaban dan kualitas tulisan dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa dalam bentuk lisan dan tulisan di kelas X SMA PGRI Pekanbaru dapat dilatihkan menjadi lebih baik melalui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi momentum dan impuls.

Keywords


pembelajaran fisika, student facilitator and explaining, kemampuan berkomunikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.