Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Pendidikan adalah suatu jurnal monodisipliner berskala nasional yang mencakup berbagai pokok persoalan dan kajian dalam bidang ilmu pendidikan. Secara khusus, jurnal pendidikan ini menaruh perhatian pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pendidikan dan keguruan serta pembangunan bidang pendidikan dan keguruan.

Tujuan dari jurnal pendidikan ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran-pemikiran konseptual dan hasil-hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang Pendidikan. Karya inovatif para dosen dan guru sebagai pengembangan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan lembaga pendidikan menjadi fokus jurnal ini.

  1. Pendidikan Nilai dan Karakter
  2. Masalah dan Kebijakan Pendidikan
  3. Teknologi Pendidikan dan Kurikulum
  4. Manajemen Pendidikan dan Kepemimpinan
  5. Bimbingan dan konseling
  6. Pendidikan Multikultural
  7. Pendidikan Dasar dan Usia Dini
  8. Pendidikan Non-Formal
  9. Psikologi Pendidikan
  10. Pengajaran dan Pembelajaran
  11. Penilaian dan Evaluasi Pendidikan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang dikirim akan dibaca oleh editorial team. Setiap naskah dievaluasi oleh dewan editor dan bila tidak sesuai dengan syarat & ketentuan akan segera ditolak tanpa melalui proses peer review. Naskah yang telah sesuai dilanjutkan ke proses double-blind peer-review. Editorial Team kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi peer reviewer dengan kemungkinan: ditolak, perlu revisi besar, perlu revisi kecil, atau diterima.

Editor Jurnal Pendidikan memiliki hak untuk memutuskan naskah yang diterbitkan pada jurnal.

Review Process:

  1. Penulis menyerahkan naskah (submissions)
  2. Evaluasi naskah oleh Editorial Team
  3. Proses Double-blind peer review
  4. Keputusan Editor
  5. Konfirmasi ke penulis
Selengkapnya informasi mengenai proses publikasi naskah melalui sistem elektronik dapat mengaksesnya pada tautan ini.

 

Publication Frequency

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau.

 

Open Access Policy

Jurnal Pendidikan ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat publikasi penelitian tersedia secara bebas untuk publik sehingga mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar dan bermanfaat.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan GARUDA oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai sistem pengarsipan digital dan mengizinkan jasa ini untuk membuat arsip jurnal yang permanen bertujuan untuk pelestarian dan restorasi dokumen jurnal. Selain itu jurnal ini megarsipkan artikel yang dipublikasikan di Perpustakaan Universitas Riau.

 

Author Fee

Jurnal Pendidikan mengenakan biaya pengolahan artikel (article processing charges) berupa:

Article Submission: IDR 0.00   (Merupakan Biaya Penyerahan Artikel sebagai bagian dari kontribusi penulis dalam proses peninjauan artikel)

Article Publication: IDR 0.00   (Merupakan biaya publikasi artikel bila telah lolos proses peninjauan (review) dan selesai penyuntingan untuk selanjutnya diterbitkan dalam versi online atau cetak)

 

Jurnal Pendidikan tidak mengenakan biaya penyerahan artikel maupun publikasi kepada penulis. Segala biaya tersebut ditanggung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau sebagai penerbit jurnal ini. Kami tidak ingin biaya-biaya ini menghambat publikasi artikel yang layak disebarluaskan ke masyarakat luas demi kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

 

Screening for Plagiarism

Naskah yang dikirimkan akan diperiksa terkait plagiarisme menggunakan Turnitin (aplikasi similarity check) sebelum dikirim ke reviewer. Editorial Team tidak akan memproses konten yang mengandung unsur plagiarisme.

 

Author Self-archiving Policy

Jurnal ini mengizinkan dan mendorong penulis untuk menempatkan artikel di situs pribadi ataupun repositori institusi setelah dipublikasikan dengan memberikan daftar pustaka yang lengkap terkait penerbitannya pada jurnal ini.