MODEL CONTROVERSIAL ISSUES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN

Henny Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar mahasiswa denganmenerapkan model Isu Kontroversial (controversial issues); dan (2) mengetahui hasil belajar mahasiswadengan menerapkan model Isu Kontroversial (controversial issues). Penelitian dilakukan padamahasiswa yang mengambil mata kuliah Ekonomi Pembangunan semester genap 2007/2008 padaprogram studi PPKn FKIP Universitas Riau, yang berjumlah 55 orang. Desain dan metode penelitianmenggunakan pola penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian tindakankelas ini yaitu (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan kelas (action); (3) observasi(observation); dan (4) refleksi (reflection).Berdasarkan hasil observasi pada siklus I, kemampuan dosen dalam menerapkan model pembelajaranisu kontroversial (controversial issues) kurang baik. Aktivitas belajar yang dilakukan mahasiswaberada pada kategori kurang baik, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga berada pada kategoricukup. Pada siklus II, kemampuan dosen dalam menerapkan model pembelajaran isu kontroversial(controversial issues) sudah sangat baik. Aktivitas belajar mahasiswa meningkat baik dari pertemuanpertama, hingga pertemuan terakhir pada siklus II, sehingga hasil belajar yang dicapai mahasiswa jugalebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.2.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Henny Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.