PENINGKATAN HASIL BELAJAR GENETIKA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MAHASISWA BIOLOGI FKIP UNRI

Darmawati '

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar genetika melalui pengajaranlangsung pada mahasiswa biologi FKIP UNRI. Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester 4 (empat)yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupaperangkat pembelajaran dan alat pengumpul data ( lembar test dan lembar observasi mahasiswa). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa daya serap mahasiswa pada siklus 1 adalah 74,00 (baik), sedangkanpada siklus 2 adalah 84,38 (baik sekali). Untuk ketuntasan belajar secara klasikal adalah tidak tuntas(75,00%) pada siklus 1 dan siklus 2, tuntas (100,00%). Sedangkan aktivitas mahasiswa pada siklus 1adalah 54,66% (kurang) dan siklus 2 yaitu 62,00% (cukup). Dengan demikian penerapan modelpengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar genetika pada mahasiswa biologi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Darmawati '

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.