DESAIN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN

Watri Watri, Gimin Gimin, Suarman Suarman

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang relevan dengan kondisi SMA Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian adalah respon siswa kelas XII IPS, hasil validasi ahli media, dan ahli materi. Objek penelitian adalah media pembelajaran interaktif berbasis android. Proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran berbasis android melalui proses wawancara dengan guru dan siswa, identifikasi perangkat pembelajaran serta penyusunan prototype melibatkan 2 validator ahli materi  dan 3 validator ahli media. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil sebesar 89,31% dan 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uij coba pada siswa menunjukkan media pembelajaran android AJP perusahaan jasa 1.1_0 Apk berada pada kategori “sangat layak” sebesar 86%. Proses desain dan pengembangan menghasilkan media pembelajaran berbasis android kondisi siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Kata kunci: desain, pengembangan, validasi, tahap pengembangan,


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 45. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626

Asmurti, Andi Alimuddin Unde, dan Tawany Rahamma,2017,Dampak penggunaan smartphone di lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, Jurnal komunikasi KAREBA,Universitas Hasanuddin, Makassar, Vol. 6 (2). Juli – Desember 2017, hal. 225-234.

Darmawaty Tarigan dan Sahat Siagian,2015,Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi,Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol.2 (2) Desember 2015, p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488.

Denih Handayani dan Diar Veni Rahayu, 2020,Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan i-spring dan apk builder,MATHLINE:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Vol. 5 (1). Februari 2020.ISSN : 2502-5872 (p), ISSN : 2622-3627 (e ).

Dimyati dan Mudjiono.,2015,Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Elfira Yulia Sasahan, Raden Oktova, dan Oky Oktavia I.R.N,2017,Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak I Spring Suite 7.0 Untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika Pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya,Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.E-ISSN:2548-8325 P-ISSN:2548-8317.

Gimin, Novriyanti, dan Zahirman,2017, Pengaruh Penggunaan Free Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 8 Pekanbaru TA 2015/2016, Jurnal Online Mahasiswa FKIP UNRI, Riau, Vol. 4 (2) 2017.

Gimin, Maulida, dan Sri Kartikowati,2019,Powerpoint and Wondershare Quiz Creator Interactive Multimedia Development to Improve Student Learning Motivation, Journal of Educational Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Riau, Pekanbaru, Vol. 3 (3) September 2019, P-ISSN : 2581-1657 E-ISSN : 2581-2203

Goldie,2016, Connectivism: A Knowledge Learning Theory For The Digital Age, MEDICAL TEACHER, Section of General Practice and Primary Car, Division of Community Based Sciences, Glasgow University, Scotland, UK., Vol. 38, 2016 - Issue 10. 29 April 2016, pages:1064-1069. ISSN: 0142-159X (Print) 1466-187X (Online) Journal homepage:http://www.tandfonline.com/loi/imte20http://dx.doi.org/10.3109/0142159X.2016.1173661

Jauharil Maknuni,2020,Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid 19. Indonesia education administration and leadership journal (IDEAL), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Vol. 2(2), hal 95-106. ISSN 2686-3596. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL.

Kosmas Sobon dan Jelvi M. Mangundap,2019,Pengaruh smartphone terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di kecamatan mapanget kota manado, Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, Universitas De La Salle, Manado, 3(1), Juli 2019, Hal 52-64, P-ISSN. 2622-5609, E-ISSN 2579-3403.http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd.

Marhan, Anna Maria,2006. Connectivism: Concepts And Principles For Emerging Learning Networks, The 1st International Conference on Virtual Learning, ICVL 2006. Institute of Philosophy and Psychology of the Romanian Academy Calea, Faculty of Mathematics and Computer Science, Bucharest Bucharest, ROMANIA. https://www.researchgate.net/profile/Ana-Maria-Marhan 2/ publication/241897939_Connectivism_Concepts_and_Principles_for_emerging_Learning_Networks/links/543575100cf2bf1f1f2b1d00/Connectivism-Concepts-and-Principles-for-emerging-LearningNetworks. pdf. Diakses tanggal 28 April 2021.

Masdianah,2020,Tantangan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran pada sekolah menengah atas/sederajat di era revolusi industri 4.0, JEKPEND: Jurnal ekonomi dan pendidikan, Kalimantan Utara, Vol. 3 (1). Hal 77-82. p-ISSN : 2614-2139 e-ISSN : 2614-1973.http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND.

Miftahul Jannah, Aminatul Husna, dan Siti Nurhalimah,2020,Pembuatan aplikasi android dengan cepat menggunakan ispring untuk menunjang pembelajran secara daring.VEKTOR:Jurnal pendidikan IPA, Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, Vol.1 (2). p-ISSN: 2723-066X e-ISSN : 2723-0724. http://vector.iain-jember.ac.id.

Miftianul Khosiyah dan Gunawan,2019.Pengembangan media belajar android pada materi tata surya untuk siswa sekolah dasar.ELEMENTA:JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN,STKIP PGRI BANJARMASIN, Vol. 1 No.2 Juli 2019 Hal: 168-177.E-ISSN:2656-7418DOI:10.33654/pgsd. http://jur.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd.

M. Rifqi Luthfi Alhafidz dan Agung Haryono,2018,Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi,Jurnal pendidikan ekonomi, Universitas Negeri Malang, Malang.Vol. 11 (2) hal. 118 – 124. p-ISSN : 0216 – 7085 e-ISSN : 2579 – 3780.

Muhammad Rais dan Syamsurlin Taha,2017,Pengembangan aplikasi microsoft power point pada sistem operasi android sebagai bentuk media pembelajaran ilmu bahan listrik, Media Elektrik, Universitas Patria Artha, Vol. 14 (1) Juni 2017. Hal 1 – 6.

Muhammad Rusdi.,2017.Multimedia Pembelajaran yang Inovatif Prinsip Dasar dan Model Pengembangan.Jakarta: Andi

Najwaa Chadeeja Alhady, ,Ara Fahana Salsabila dan Nazula Nur Azizah,2018,Penggunaan smartphone pada konstruksi belajar siswa mts negeri 7 model Jakarta,Al-izzah:Jurnal hasil – hasil penelitian, 13(2), November 2018, hal. 240-253.ISSN: 1978-9726 (p);2541-0717 (e).

Nanang,2014. Dosen STAIPANA Bangil. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif, 84–94.

Nursina, La Ode Muh. Umran dan Joko,2017,Penggunaan smartphone dalam mengembangkan pola belajar siswa SMA negeri 1 kulisusu utara kabupaten buton utara,Jurnal komunikasi UHO, Universitas Halu Oleo, Kendari, Vol. 2 (1).hal 1- 21. https://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/18888/1329

Radinal Fadli dan Muhammad Hakiki,2020, Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan,JIPTI : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, Jambi, Vol. 1 (1).hal 9 – 15.E-ISSN : 2720 – 9725.

Rebeka Helen Hutabarat, Asep Hidayat dan Bella Anantha Sriutmin,2017,Efektivitas multimedia interaktif berbasis powerpoint untuk meningkatkan minat belajar siswa,JP2EA : Jurnal pendidikan dan pembelajaran ekonomi akuntansi, Universitas Langlang Buana, Vol. 3 (I) September 2017.hal. 12-21.

Suarman, Suryati, dan Mahdum,2017,The Effect of Using ICT Based on Learning Media to Students Learning Motivation, Prosiding (Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Seciences), Universitas Riau, Riau. ISBN : 978-979-792-774-5.

Sugiyono.,2020, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Yogyakarta:Alfabeta

Sumargono, Henry Susanto, dan Valency Rachmedita,2019,Pengembangan media pembelajaran sejarah bebantuan ispring suite 6.2. untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas xi ips sman 1 surakarta. jurnal pendidikan sejarah indonesia (JPSI), Universitas Lampung, Vol. 2 (1), 30 Juni 2019. hal 82-99.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany.,2014,Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,dan Kontekstual,Jakarta:KENCANA.

Wardrip, Peter Samuelson,2020, Educators enacting online learning support roles in remote educational experiences,AECT(Association educational communication technology). Education Tech Research Dev. Published 23 November 2020.https://doi.org/10.1007/s11423-020-09883-1.

https://www8.cao.go.jp/cstp/society5_0/index.html. Diakses pada November 2020

https://ispringindonesia.com/ Diakses pada tanggal 1 Mei 2021.

https://blog.kejarcita.id/7-platform-untuk-membuat-media-pembelajaran-interaktif-yang-mudah-bagi-guru/ diakses pada tanggal 1 Mei 2021.

https://yusrintosepu.wixsite.com/lsp3inews/post/pengertian-dan-contoh-software-pembuat-media-pembelajaran-interaktif diakses pada tanggal 1 Mei 2021.

https://www.java.com/download/ie_manual.jsp. Diakses pada Oktober 2021.

https://www.dion73.com/download-ispring-suite-full/. Diakses pada September 2020.

https://www.bahyudinnor.com/2021/01/mengenal-fasilitas-atau-fitur-IspringSuite.html

Diakses pada Mei 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.15.1.11-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Watri Watri, Gimin Gimin, Suarman Suarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.