KETERAMPILAN BERTANYA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan untuk bertanya memegang peran yang signifikan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis keterampilan bertanya menggunakan metode library research, yang melibatkan penelusuran dan analisis literatur terkait keterampilan bertanya dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Dalam penelitian ini, kami mengidentifikasi definisi keterampilan bertanya, manfaat dan tujuan penggunaannya dalam proses pembelajaran, serta prinsip-prinsip yang harus dipertimbangkan oleh guru. Kami juga merinci komponen dasar dan tingkat lanjutan dari keterampilan bertanya, beserta jenis-jenis pertanyaan yang efektif dan hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan keterampilan bertanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya dapat meningkatkan partisipasi siswa, merangsang rasa ingin tahu, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penting bagi para guru untuk memahami prinsip-prinsip dan komponen keterampilan bertanya agar mereka dapat menyusun pertanyaan yang efektif. Studi ini memberikan sumbangan penting dalam pemahaman lebih lanjut tentang keterampilan bertanya di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aflalo, E. (2021). Students generating questions as a way of learning. Active Learning in Higher Education, 22(1), 63–75. https://doi.org/10.1177/1469787418769120
Asti, N. R., & Ngazizah, N. (2022). Analysis of Questioning Skills through Science Learning Practices in Microteaching Courses. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 122–130. https://doi.org/10.30762/ijise.v1i2.367
Awaliah, F. P., Nurhafsah, N., Amelia, R. F., & Aulia, S. N. (2023). Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1651–1655. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.800
Cahyani, I., & Suryani. (2023). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Antar Baru 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 148–158.
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. UMSU PRESS.
Daulay, I. S., Siregar, L. A., & Harahap, M. R. (2023). Implementasi Keterampilan Bertanya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 0119 Banjar Raja. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 759–769.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15–31. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Gayatri, Y. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya: UMSurabaya. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=k4GEEAAAQBAJ
Hamzah, R. A., Rama, B., & Siraj, A. (2023). Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Awal di Kalimantan, Lembaga dan Tokohnya. JBI : Jurnal Bahasa Indonsia, 01(02), 63–70.
Huda, M. N. (2022). Questioning Skills For Teachers And Students: The Importance And Implementation. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 143–150.
Iqlimah, Kartono, & Pranata, R. (2023). Deskripsi Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 13 Pontianak Barat. Journal on Education, 6(1), 5706–5713. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe
Irhamni, F., Fauziah, T., & Tursinawati. (2018). Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Guru Kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 62–70.
Latifah, N., Fitrian, H. S. H., Fathurrohman, Y., & Munajah, R. (2021). Micro Teaching. Universitas Trilogi.
Lende, A., Nusa, S., & Gena, E. B. H. (2018). Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Proses Pembelajaran Di Kelas V SD. Jurnal Edukasi Sumba ( JES ), 6(1), 51–57.
Maria, S. K. (2023). Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPS Kelas V di SD Inpres Waioti. Journal on Education, 6(1), 3132–3142. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3284
Masyhudah, M. S., & Desstya, A. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya (Questoning Skill) Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6), 4383–4396. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2807
Nuswowati, M., & Aini, H. N. (2021). Keterampilan Mengajar Offline & Online dalam Pembelajaran Micro. Wawasan Ilmu. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=z2xEEAAAQBAJ&pg
Pradana, H. P., Mahfud, H., & Supianto. (2024). Penerapan keterampilan bertanya guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 19–24. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.79402
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Putri, M. L., & Dafit, F. (2022). Teacher Ability to Apply Questioning Skills in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42565
Rizki, A. A., Makki, M., & Nurhasanah. (2023). Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 216–224. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2796
Shoffa, S. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar. Mavendra Pers.
Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan Pembelajaran K13). Uwais Inspirasi Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=KnipDwAAQBAJ&pg
Wahid, A., Asmara, A., & Afni, N. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Samudra Biru. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=C4eiEAAAQBAJ&newbks
Waruwu, A. N., Rahmadhanty, A., Hutagalung, A., Sari, I. P., & Almsy, Z. (2023). Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 65. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44757
Wedyawati, N., Seran, E. Y., Awang, I. S., & Kurniati, A. (2023). Microteaching Calon Guru Sekolah Dasar. Deepublish Digital. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XasFEQAAQBAJ&pg
Yuliana, L. (2010). Ketrampilan Bertanya Guru Dalam Mengelola Proses Belajar Mengajar. Foundasia, 2(10). https://doi.org/10.21831/foundasia.v2i10.5841
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.15.1.18-35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Kusuma Wardani, Rahma Ashari Hamzah, Dea Ananda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.