KESIAPAN MENJADI CALON GURU DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Rezki Andika, Suarman Suarman, Henny Indrawati

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the readiness of students to become prospective teachers and the factors that influence it. This study used a mixed method technique. The subjects of this study were all students of the Economics Education Study Program FKIP University of Riau, academic year of 2017 with a total of 78 people. Data collection methods were questionnaires and interviews. Data were analyzed using descriptive analysis technique. The results showed that students of the Economics Education Study Program, FKIP, University of Riau were not ready to become prospective professional teachers. The readiness of students in pedagogic competence is in the quite ready category. Meanwhile, in term of professional competence, students of the Economics Education Study Program FKIP University of Riau were not ready to become prospective professional teachers. Judging from the factors that influence student readiness, all factors, both internal and external, greatly influence student readiness, except for physical conditions.

Keywords


kesiapan menjadi guru, kompetensi pedagogic, dan kompetensi professional

Full Text:

PDF

References


Aam Amaliyah, dan Azwar Rahmat. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education. Volume 5, Nomor 1, p28-45.

Akhmad Riaydi. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimanta. Volume 15, Nomor28, p52-67.

Diah Rani Candra Sari. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JUPE. Volume 6, Nomor 3, p161-168.

E Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Entri Sulistari, Andri Ayu Madyaningrum dan Madiya. (2015). Perbedaan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Dikalangan Mahasiswa Pendididkan Ekonomi FKIP UKSW Ditinjau Dari Ekspektasi Setelah Lulus, dalam Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Fadilah Ismiya Niswati, dan Ika Candra Sayekti. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Volume 7, Nomor 1, hal 1-14.

Herman Alimuddin, Siti Busyrah Muchsin, dan Rahmat Kamaruddin. (2018). Pentingnya PTK Bagi Guru. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, p101-106.

I Made Adi Mahardika, Lulup Endah Tripalupi, dan I Wayan Suwendra. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal pendidikan ekonomi undiksha. Volume 11, Nomor 1, p260-270.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 6, Nomor 2, p68-79.

Lastiar Roselyna Sitompul. (2018). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Biologi Uph-Teachers College Pada PPL-3. Seminar Nasional Edusainstek. FMIPA UNIMUS.

Leonard. (2015). Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas Sdm Guru Dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif. Volume 5, Nomor 3, p192-201.

Lilis Anifiah Zulfa. (2017). Problematika Dalam Melakukan Tindakan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia. Eduscope. Volume 2, Nomor 2, p120-129.

Ni Luh Putu Cahayani. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pada Fkip Universitas Mahadewa Indonesia Tahun 2020. Widyadari Volume 22, Nomor 2, p677-684.

Nur Irwantoro dan Yusuf Suryana. (2016). Kompetensi Pedagogik. Genta Group Production. Sidoarjo.

Rama Nida Siregar, Sufyani Prabawanto, Suparni, dan Abdul Mujid. (2022). Faktor Teman Sebaya Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 5, Nomor 1, p95-104.

Rika Sukmawati. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa. Volume 5, Nomor 1, p95-102.

Saifan Sidiq Abdullah. (2017). Kesiapan Mahasiswa LPTK Swasta di Semarang Menjadi Guru Matematika Yang Profesional. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 12, Nomor 1, p87-97.

Sumiati P. Sinurat. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Kkm Melalui Supervisi Pengawas Sekolah Di Sma Al-Fityan Medan Pada Semester Genap T.P. 2017/2018. Jurnal Ilmiah Skylandsea. Volume 2, Nomor 2, p357-367.

Yogi Kuncoro Adi. (2019). Kesiapan Mahasiswa PGSD Untuk Menjadi Guru SD. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2, Nomor 2, p20-30.

Zainal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung

Khofiya Nur Fauziyah Widiyanto. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Volume 8, Nomor 2, p620-634.

Dyah Indraswati, Prihma Sinta Utami, Suyitno, dan Dodik Kariadi. (2020). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Status Sosial Guru Dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Terhadap Motivasi Menjadi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 12, Nomor 2, p140-152

Triana Yuniasari, dan Djazzari. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume 15, Nomor 2, p78-91.

Muhammad Zuhdi Alfian, dan Subagyo. (2017). Pengaruh Informasi Dunia Kerja Dan Pengetahuan Tentang Ilmu Keteknikan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru SMK Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Teknik Mesin FKIP UST Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, Volume 5, Nomor 1, p111-123.

Kartika Novitasari,dan Khasan Setiaji. (2017). Analisis Kompetensi Calon Guru Profesional Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, Volume 6, Nomor 3, p798-806.

Indra Maipita, dan Tri Mutiara. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan. Volume 8, Nomor 6, p34-43.

Isrokatun Ely Fitriani, dan Kania Mukarromah. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, Volume 6, Nomor 1, p819-833

Istiana Dewi Kurniasari, dan Diana Rahmawati. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Mengajar. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 2, p1-14




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.14.2.139-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rezki Andika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.