PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Fendi Ahmad, Caska Caska, Rr Sri Kartikowati

Abstract


This study aims to analyze consumption behavior, which is influenced by economic literacy and reference groups, either partially or simultaneously. Population of the study was all students at Vocational High School of Muhammadiyah 2 Pekanbaru. By using proportional random sampling techniques, 205 students were gathered as respondents. Data was obtained using questionnaire and test techniques. The research variable data was analyzed descriptively and then the relationship between variables was analyzed using multiple linear regression analysis techniques with the SPSS assisted. The results of this study show that students' consumption behavior is partially influenced by economic literacy and reference groups, respectively by 0.328 and 0.522; Meanwhile, simultaneously, students' consumption behavior is equally influenced by 0.525 by these two influencing variables. At a significance level of 5%, the consumption behavior of students, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, is significantly influenced by economic literacy and reference groups.


Full Text:

PDF

References


Alifiana, N. R. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas dalam Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Indomie). Jurnal Nasional: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus Gondangmanis.

Angra Melina dan Saftia Wulandari, “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya HidupTerhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko”,Scientific Journals of Economic Education, Volume 2, 2018. h.142

Budiwati, N. (2010). Analisis literasi ekonomi dan perilaku konsumen: Survey pada guru SMA di kota Bandung. Unpubislhed Disertation. SPsUniversitas Pendidikan Indonesia.

Danang, Sunyoto. (2014) Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS

Daroin, Ana Dhaoud. (2010) Pengaruh Kualitas Pembelajaran Ekonomi, Pengetahuan Dasar Ekonomi (Economic Literacy) dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Efisiensi dalam Berkonsumsi Siswa Kelas XI dan XII Ilmu Sosial SMAN 1 Malang. (Tesis). Malang: UM

Dea Pratiwi Kaharu, Dkk,(2022) Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten

Bone Bolango, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal P-ISSN 2407-8018 E-ISSN 2721-7310 DOI prefix 10.37905 Volume 08 (2) May 2022.

Dias Kanserina. (2015) Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendiidkan Ekonomi Undiknas 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Vol. 5 No. 1,2015. Hal. 3.

Emilda Isnawati (2021) Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.14, No.1, 2021.

Etta Mamang.S & Sopiah, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, (Yogyakarta: C.VAndi Offset, 2013) h.24

Fauz Novia Faadhilah (2018) “Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya).Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2018

Gumanti, D. (2017). Pengaruh Pendapatan, Kelompok Referensi, Literasi Ekonomi, Dan Sertifikasi Guru Terhadap Perilaku Konsumsi Guru SD, SMP, Dan SMA Di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Sumatra Barat: STKIP PGRI.

Johan, S. (2011). Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis . Yogyakarta : Graha Ilmu.

Juliana. (2013) Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,

Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muaddab, Hafis.(2015) Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Konsumsi Hijau pada Siswa SMK Negeri se Kabupaten Jombang. Vol 2 Nomor 2 tahun 2015.

Muafifah, Kusniawati dan Riza Yonita Kurniawan. (2016.) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS si SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal pendidikan ekonomi Vol. 4 Nomor 3.

Mutia Ayu Febriani (2018) Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Program Studi D-Iv




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.14.2.218-226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fendi Ahmad, Caska Caska, Sri Kartikowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.