ANALISIS RESPON SISWA MTs. ASSA'ADAH II BUNGAH GRESIK TERHADAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SELAMA PANDEMI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education. 1(1), 131-146.
Ahmad, Arfah. (2021, Oktober 26). Nadiem: PJJ Ciptakan Learning Loss Terbesar Dalam Sejarah RI. news.detik.com. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-5782477/nadiem-pjj-ciptakan-learning-loss-terbesar-dalam-sejarah-ri
Annur, F. & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Nurul Huda Pekandangan Barat. Jurnal of Islamic Education. 5(1), 17-36.
Dasrun, H., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek. 3 (2). https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017
Fitria, C. (2021, Juni 08). Satgas: Pembelajaran Tatap Muka Hanya Boleh 2 Hari Dalam Seminggu Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/06/08/06224681/satgas-pembelajaran-tatap-muka-hanya-boleh-2-hari-dalam-seminggu?page=all diakses pada 11 Desember 2021.
Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. https://covid19.go.id/storage/app/media/Regulasi/2021/November/salinan-inmendagri-no-57-tahun-2021-tentang-ppkm-level-3-level-2-dan-level-1-covid-2019-di-wilayah-jawa-dan-bali.pdf diakses pada 11 Desember 2021.
Jena, P. K. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on education in India. International journal of current research (IJCR), 12.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/Kb/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor Hk.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/5baf1873d5766d3 diakses pada 05 Desember 2021.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/surat-edaran-penyelenggaraan-pembelajaran-tatap-muka-tahun-akademik-20212022 diakses pada 05 Desember 2021.
Meriana, T. & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka di TKK Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10(1). 2-12.
Nicky, D., & Putri, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 3(6). http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p
Nur, Aisyah. (2021). Dinamika Pembelajaran Daring Melalui Belajar Dari Rumah (BDR) Pada PAUD Miftahul Ulum Saat Pandemi Covid 19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora. 8 (1).
Prasetyaning, A., Joko, W., & Jekti, P. (2017). Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains. 2(1). 9-15.
Salinan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri Nomor 23 425/ A5 /aK. Ol. 0 4/ 202L tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/2b7a3531e4b5551 diakses pada 12 Desember 2021.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona. 2(2).
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 diakses pada 05 Desember 2021.
Sutatnto, P. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. https://sma.kemdikbud.go.id diakses pada 10 Desember 2021.
Tanuwijaya, N. & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan. 10(2), 81-90.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.13.1.65-82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Olivia Nathania Delviana, Vela Ayu Wulandari, Alfiatur Rohmah, Nurul Waqidah, Ita Ainun Jariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.