PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GALLERY WALK TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DUA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Nabila Jannati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi gallery walk terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pre-test dan post-test. Kedua kelompok ini dipilih menjadi sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Ditemukan bahwa skor t-test adalah 2,351 sedangkan t-tabel adalah 2,001. Karena skor t-test lebih tinggi dari t-tabel, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi gallery walk pada pemahaman membaca siswa kelas dua SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru.

Keywords


membaca, pemahaman membaca, stratetgi, gallery walk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.