PEMANFAATAN TIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR OLEH GURU SMK DAR EL HIKMAH BOARDING SCHOOL PEKANBARU

Pahrozi Ahmad

Abstract


Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk membahas sejauh mana guru menggunakan TIK dalam kegiatan belajar mengajar, seperti media pengajaran dan sumber belajar serta hambatan yang dihadapi oleh guru saat menggunakan TIK. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Dar El Hikmah yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling (n: 20). Data dikumpulkan dengan mendistribusikan satu set kuesioner yang dirancang dalam bentuk lima poin dari skala Likert. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan pemanfaatan ICT dalam kegiatan belajar mengajar, secara umum, berada dalam kategori tingkat tinggi, dengan rata-rata 3,6. Secara khusus, pemanfaatan TIK dalam proses belajar mengajar berada di tingkat kategori tinggi, dan pemanfaatan TIK sebagai media pengajaran dan sumber belajar berada di level kategori biasa-biasa saja, dengan skor rata-rata 3,18. Kendala terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana dihadapi oleh guru dan beberapa saran untuk mengatasi masalah yang diberikan dalam penelitian ini.

Keywords


pemanfaatan, TIK, media pengajaran, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.