PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CATUR MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI.MIPA.1
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Esa, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Ar-Ruzz Media. Jogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta.
Herman, (2001). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Penerbit Usaha Nasional. Surabaya.
Iskandar, (2009). Metodologi Penelitian dan Pendidikan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Penerbit Gaung Persada Press. Jakarta.
Ibrahim dan Nana, (2003). Perencanaan Pengajaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. Juliati, (2010). Penerapan Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Matematika
Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN 011 Kembang Harum Kecamatan Pasir Penyu. Tesis. Tidak Diterbitkan
Kristina, (2008).Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika di SMAN Padang. Tesis. Tidak Diterbitkan
Lidinillah Muiz Abdul Didin., Alat Peraga Manipulatif Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar.Makalah. http://alat-peraga- manipulatif.html
Markaban, (2006). Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.
Martinis, (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Penerbit Gaung Persada Press Jakarta. Jakarta.
Muliyardi,(2003).Ketika Seni Bercumbu Dengan Matematika.Makalah Disajikan Pada Seminar Nacional Difusi Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika Di UPI, 6 September 2003 .
Mulyasa, (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Rosdakarya. Bandung. Nasution, (2009). Berbagai Pendekatan dan Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi
Aksara. Jakarta.
Nana, (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru Argensindo. Bandung.
------, (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Rosdakarya. Bandung.
Oemar, (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Penerbit Bumi Pustaka.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22. 2006. BSNP. Jakarta
Program Pasca Sarjana, 2004. Panduan Penulisan Tesis. Program Pasca Sarjana UNP. Padang.
Ratna, (1996). Teori-Teori Belajar. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Ruseffendi, (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Penerbit Tarsito. Bandung.
Saida, (2006). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik SMP Pembangunan dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Tesis. Tidak Diterbitkan
Sofan dan Iif, (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Penerbit Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Sardiman, (2010).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suharsimi, (1996). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
-----, (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta Syaiful , (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Penerbit Alfabeta. Bandung.
-----, (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukasi. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Thursman, (2000). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara. Jakarta.
T. Herman, (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Kerangka Berfikir Matematis Tingkat Tinggi Peserta didik SMP. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penerbit Kencana. Jakarta.
Turmudi, (2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Penerbit PT Leuser Cipta Pustaka. Jakarta.
Utari, (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum tahun 2002 Sekolah Menengah. Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika. UPI: Tidak diterbitkan.
-----, (2005). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Peserta didik SMA dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logika Peserta didik dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.
Walle, (2006). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Erlangga. Jakarta.
Wina, (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Wina, (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Winkel, (1989). Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Widia Sarana.
Yamin, M., dan Bansu I.A., Ansari, (2009), Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Gaung Persada Press, Jakarta.
Yatim Riyanto, (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.10.1.40-53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Risnita Risnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.