PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CATUR MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI.MIPA.1

Risnita Risnita

Abstract


This research starts from the low results of learning mathematics students. This can be seen in the daily test of students who are below the Minimum Completion Criteria (MCC). One reason is a low understanding of mathematical concepts. Low understanding of concepts is due to the fact that mathematics is still abstracted by students. Abstract mathematical concepts for students will be easily understood if learning uses learning media. Learning carried out is discovery learning using manipulative chessboard media. This study aims to determine the improvement in learning outcomes of students of class XI MIPA 1 SMAN 1 Pangkalan Kerinci and conducted in two cycles consisting of planning, action, observation and reflection. The research data collected is data on learning outcomes and field notes. The collected data was analyzed descriptively. The results of this study indicate that the use of manipulate chess shooting media with discovery learning methods can improve learning outcomes. The learning outcomes of students from the first cycle and second cycle increased by 36.11%. Based on the research findings, it can be concluded that the use of manipulate chess shooting media with guided methods can improve learning outcomes on the subject of geometric transformation.

Keywords


learning outcomes, discovery learning and media chess manipulation

Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Esa, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Ar-Ruzz Media. Jogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta.

Herman, (2001). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Penerbit Usaha Nasional. Surabaya.

Iskandar, (2009). Metodologi Penelitian dan Pendidikan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Penerbit Gaung Persada Press. Jakarta.

Ibrahim dan Nana, (2003). Perencanaan Pengajaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. Juliati, (2010). Penerapan Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Matematika

Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN 011 Kembang Harum Kecamatan Pasir Penyu. Tesis. Tidak Diterbitkan

Kristina, (2008).Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika di SMAN Padang. Tesis. Tidak Diterbitkan

Lidinillah Muiz Abdul Didin., Alat Peraga Manipulatif Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar.Makalah. http://alat-peraga- manipulatif.html

Markaban, (2006). Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.

Martinis, (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Penerbit Gaung Persada Press Jakarta. Jakarta.

Muliyardi,(2003).Ketika Seni Bercumbu Dengan Matematika.Makalah Disajikan Pada Seminar Nacional Difusi Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika Di UPI, 6 September 2003 .

Mulyasa, (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Rosdakarya. Bandung. Nasution, (2009). Berbagai Pendekatan dan Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi

Aksara. Jakarta.

Nana, (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru Argensindo. Bandung.

------, (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Rosdakarya. Bandung.

Oemar, (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Penerbit Bumi Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22. 2006. BSNP. Jakarta

Program Pasca Sarjana, 2004. Panduan Penulisan Tesis. Program Pasca Sarjana UNP. Padang.

Ratna, (1996). Teori-Teori Belajar. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Ruseffendi, (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Penerbit Tarsito. Bandung.

Saida, (2006). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik SMP Pembangunan dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Tesis. Tidak Diterbitkan

Sofan dan Iif, (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Penerbit Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Sardiman, (2010).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suharsimi, (1996). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

-----, (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta Syaiful , (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Penerbit Alfabeta. Bandung.

-----, (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukasi. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Thursman, (2000). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara. Jakarta.

T. Herman, (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Kerangka Berfikir Matematis Tingkat Tinggi Peserta didik SMP. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penerbit Kencana. Jakarta.

Turmudi, (2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Penerbit PT Leuser Cipta Pustaka. Jakarta.

Utari, (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum tahun 2002 Sekolah Menengah. Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika. UPI: Tidak diterbitkan.

-----, (2005). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Peserta didik SMA dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logika Peserta didik dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

Walle, (2006). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Erlangga. Jakarta.

Wina, (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Wina, (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Winkel, (1989). Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Widia Sarana.

Yamin, M., dan Bansu I.A., Ansari, (2009), Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Gaung Persada Press, Jakarta.

Yatim Riyanto, (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.10.1.40-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Risnita Risnita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.