PENINGKATAN PROSES BELAJAR-MENGAJAR KIMIA MELALUI PEMANFAATAN VCD DI SMA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Asmadi Muhammad Noer

Abstract


Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di sekolah menegah atas (SMA)Muhammadiyah, Pekanabaru dengan tujuan untuk meningkatakan proses belajar-mengajar (sekaligusuntuk meningkatkan hasil belajar). Penelitian tindakan kelas ini memfaatkan VCD dalam prosespembelajaran (kimia, sain). Hasil penelitian menunjukan peningkatan minat (motivasi) siswa dalampembelajaran kimia dan hal ini ditunjukan pula dengan hasil evaluasi belajar yang meningkat. Nilairata-rata siswa dengan pemanfaatan program VCD sebesar 74,23 dengan Ketuntasan Belajar siswa71,16 (%). Sedangkan Nilai rata-rata siswa tanpa VCD sebesar 62, 20 and Ketuntasan Belajar siswa45, 30 (%). Peningkatan hasil belajar sebesar 22, 9 (%). . Program VCD ini sangat menarik bagisiswa dan ini ditunjukkan dari hasil penilaian angket siswa. Dimana penilaian sebesar 3,95 (skala 5).Dengan pemanfaatan program VCD kimia membuat minat/motivasi siswa meningkat begitu pula hasilbelajar meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Asmadi Muhammad Noer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.