PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SPEAKING MELALUI PENERAPAN STRATEGI DRAMA PADA MAHASISWA BAHASA INGGRIS FKIP UNRI

Jismulatif '

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat keefektifandrama dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bahasa Inggris FKIPUNRI. Hasil observasi pada siklus I rata-rata kemampuan speaking mahasiswa(49,40%) dan skor hasil test siswa rata-rata (65,50). Hasil ini belum memenuhikriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 70. Sehingga diadakan tindakanke dua (II) dengan melanjutkan pengajaran dengan menggunakan teknik bermaindrama. Mahasiswa juga diberi kesempatan latihan untuk adegan drama diluar kelas.Setelah diadalan tindakan pada siklus ke II berdasarkan observasi dan tes yangdilakukan ternyata kemampuan siswa meningkat menjadi (78,32%) dan skor hasilpost test mahasiswa rata-rata menjadi 75,00. Hasil penelitian ini memperlihatkanbahwa hasil yang telah dicapai siswa melebihi kriteria yang ditentukan. Dengandemikian teknik Drama dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mata kuliahspeaking.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Jismulatif '

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.