POTENSI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RANGKA PADA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES , SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Evi Suryawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pembelajaran kontekstualRANGKA terhadap keterampilan proses, sikap ilmiah dan hasil belajar Biologi.Penelitian kuasi eksperimen sebagai penelitian awal telah dilaksanakan di SMPN 7Pekanbaru, sampel terdiri dari 35 siswa kelompok eksperimen dan 36 orang siswakelompok kontrol. Data keterampilan proses, sikap ilmiah, dan hasil belajar diperolehmelalui observasi, kuesioner, dan tes kinerja. Analisis data secara deskriptif daninferensial dengan t-test. Rata- rata peningkatan melalui uji ternormalisasi (N-gain)diperoleh 0,31 untuk kelompok eksperimen dan 0,24 untuk kelompok kontrol. Secarakeseluruhan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 73,55 dan kelompok kontrol62,4. Analisis uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimendan kontrol. Hasil ini menunjukkan pembelajaran kontekstual RANGKA berpotensiuntuk pengembangan keterampilan proses , sikap ilmiah, dan hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Evi Suryawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.