PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED- LEARNING) PADA PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNRI

Arnentis ', Evi Suryawati

Abstract


Telah dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran dalam melalui Penelitian TindakanKelas. Penelitian dengan penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan penguasaan konsep yang dilihat dari hasil belajar, dan berfikir kritis mahasiswa yangdilihat dari kemampuan pemecahan masalah pada matakuliah perkembangan hewan program studipendidikan biologi FKIP UNRI pada semeter genap tahun akademis 2008/2009 berjumlah 58 orang,terdiri dari 49 orang wanita dan 9 orang pria. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuankemampuan berfikir kritis dari penilaian lembar tugas 74.48% (baik) pada siklus I dan 77.08% (baik)pada siklusII. Nilai berfikir kritis tertinggi pada aspek mengumpulkan data dan terendah aspek menilaipemecahan masalah. Rata-rata kemampuan berfikir kritis dari penilaian aktivitas pelaksanaan diskusirata-rata 78.80 % (baik) pada siklus I dan rata-rata 82.29 (baik sekali) pada siklus II. Nilai aktivitastertinggi pada aspek kerjasamaa dan terendah aspek memberi argumentasi. Ketuntasan belajar mahasiswamengalami peningkatan dari 75 % pada siklus I dan 96.46 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah pada mata kuliah perkembangan hewan dapatmeningkatkan kemampuan berfikir kritis dan penguasaan konsep.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Arnentis ', Evi Suryawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.