ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU

Yenita Roza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi yang mendukung serta hal yangmenjadi kendala proses integrasi program Teknologi Komunikasi dan Informasi di sekolah yang adadikota Pekanbaru. Matapelajaran TIK sejak kurikulum KBK tahun 2004 sudah menjadi matapelajaranwajib mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Tujuan dari pembelajaran ini adalahagar anak memahami perkembangan teknologi serta mengetahui keterbatasannya sehingga dapatmemanfaatkannya secara optimal. Disamping itu siswa juga diharapkan dapat meningkatkankemampuannya dalam matapelajaran lain dengan memanfaatkan TIK. Terdapat 37 sekolah yangdisurvey pada penelitian ini. Dari analisa data ditemukan bahwa 86.5% sudah menyajikanmatapelajaran TIK dan guru sudah menggunakan computer untuk kebutuhan kerjanya. Dalampenelitian ini juga diungkapkan bahwa guru menggunakan beberapa bentuk pendekatan dalammenyajikan matapelajaran TIK. Pendekatan yang dilakukan adalah penyajian kelas, praktek di labcomputer atau kombinasi kedua penyajian kelas dan praktek lab computer. Ketersediaan fasilitascomputer merupakan faktor kunci yang dihadapi guru dalam pembelajaran TIK.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.1.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Yenita Roza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.