PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS V SDN 011 BUKIT KRATAI RUMBIYO JAYA KAMPAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS (RME)

Endang Purwanti

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru SDN 011 Bukit raya adalah rendahnyamotivasi
siswa dalam belajar matematika. Hasil belajar matematika selama ini belum memenuhi KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 65. Untuk itu guru berupaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa
melalui pendekatan RME di SDN 011 Bukit Kratai, Rumbio Jaya Kampar. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua rencana pelaksana pembelajaran
dan satu ulangan test hasil belajar. Untuk memperoleh data, digunakan lembar observasi yang diisi oleh
observer dan tes hasil belajar diberikan pada akhir siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan alur pembelajaran
diranya siswa mampu mengeluarkan pendapat, mau bertanya dan aktif dalam proses pembelajaran.
Setelah proses pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan RME pada siklus I siswa yang tuntas
terdiri dari 29 orang dari 38 siswa dan siklus II siswa yang tuntas terdiri dari 31 orang dari 38 siswa.
Jika dibandingkan, siklus II lebih meningkat daripada siklus I. Secara umum dapat disimpulkan bahwa
pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Matematik, Penelitian Tindakan Kelas, MME, SD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.61-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Endang Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.