PENGGUNAAN METODE TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENULIS MAHASISWA S1 PGSD FKIP UT POKJAR BANGKINANG - PEKANBARU

Raja Usman

Abstract


 

Keterampilan menulis sangat perlu bagi mahasiswa sebagai satu mata kuliah agar
mendapatkan keterampilan dalam menyusun/menulis karya ilmiah maupun penelitian tindakan kelas.
Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua bagian. Tiap bagian dilaksanakan dua kali kegiatan. Penelitian ini
menggambarkan tentang penerapan metode tutorial, keaktifan mahasiswa dalam tutorial dan hasil
belajar mahasiswa setelah mengikuti tutorial. Metode penelitian adalah metode tutorial. Subjek penelitian
adalah mahasiswa Program S1 PGSD Kelompok Belajar Bangkinang Barat masa 2014.2. metode
yang digunakan adalah metode tutorial. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi terhadap
tutor pada kegiatan pertama siklus 1 jumlah aspek evaluasi sebanyak 14 item sejumlah 41,94 rata-rata
3,22; pada siklus 2 berjumlah 45,26 rata-rata 3,43. Sedangkan aspek evaluasi kegiatan mahasiswa
pada siklus 1 berjumlah 39,22 rata-rata 3,01 dan siklus 2 berjumlah 43,12 rata-rata 3,31. Untuk
penilaian awal mahasiswa rata-rata 66, hasil belajar siklus 1 sebesar 70,29 dan siklus 2 sebesar 84,02.
Dari hasil tutorial tersebut bahwa metode tutorial dapat meningkatkan hasil belajar menulis mahasiswa
S1 PGSD Pokjar Bangkinang Barat. Begitu juga tutor dapat menggunakan metode tutorial baik dari
siklus 1 dan 2 meningkat.


Keywords


Metode Tutorial, Aktifitas Mahasiswa, Hasil Belajar, Ketrampilan Menulis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.52-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Raja Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.