PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 15 PEKANBARU

Netti Ermi

Abstract


Rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran sosiologi, penulis
berkeinginan melakukan penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berpedoman
dengan Kunandar. Pelaksanaan dimulai dengan mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan, tindakan
dan observasi, refleksi serta evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15
Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan mempergunakan observasi guru dan siswa, evaluasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan hasil pengamatan di kelas dan hasil belajar. Pokok
bahasan yang diteliti adalah masyarakat multikultural dan diharapkan siswa mampu menjelaskan
pengertian multikultural, ciri-ciri multikultural, dan sifat-sifat masyarakat multikultural. Untuk itu digunakan
metode media lembar kerja siswa (LKS) dan diharapkan pula siswa aktif dan dapat meningkatkan
hasil belajarnya. Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada pelaksanaan
tersebut dilakukan tes awal atau tesprasiklus siswa mendapat nilai 69,27 jumlah nilai 3048, hasil
belajar siklus pertama menjadi 79,00 dengan juml;ah nilai 3496, dan hasil belajar pada siklus kedua
87,00 dengan jumlah nilai 6544. Untuk melihat ketuntasan pada setiap siklus, prasiklus hasil belajar
siswa yang tuntas mencapai nilai 14,29 % dan tidak tuntas sebesar 85,71; siklus pertama yang tuntas
76,19 tidak tuntas 23,81 dan siklus kedua yang tuntas meningkat menjadi 100%.


Keywords


Metode Media LKS, Masyarakat Multikultural, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.37-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Netti Ermi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.