PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN MATAKULIAH TERMODINAMIKA BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING

Zulhelmi Zulhelmi, Azizahwati Azizahwati, Fakhruddin Fakhruddin

Abstract


Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuivaliditas, efektivitasdanpraktikalitasdariRPP
Termodinamika yang dikembangkanJenispenelitianiniadalahResearch And Development yang
terdiridaritigatahapyaituanalisis kebutuhan, merancang prototipe, dan implementasi. Tempat penelitian
laboratorium Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UR. Subjekujicobasebanyak38 0rang mahasiswa Program
Studi Pendidikan Fisika Angkatan 2013.Rancanganujicobamenggunakanone short case study
design.Analisis data yang digunakanadalahstatistikdeskriptifuntukmenentukan validitas, efektivitas dan
praktikalitasRPP Termodinamika. Berdasarkanhasilanalisis data, didapatkanvaliditasRPP Termodinamika
ratarata3,79padakategori
valid., Respon mahasiswa terhadap pembelajaran melalui model colllaborative
Learning 81,08 % pada kategori sangat tinggi. artinya RPP efektif digunakan dalam perkuliahan
termodinamika dan 91,89 % mahasiswa menyatakan bimbingan yang diberikan dosen jelas. Dari hasil
analisis data dapatdisimpulkanRPP termodinamika yang dikembangkan, valid,efektif dan praktis.


Keywords


RPP, collaborative learning, Valid, Praktis, Efektif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.32-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zulhelmi Zulhelmi, Azizahwati Azizahwati, Fakhruddin Fakhruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.