PENERAPAN TEKNIK “BRAINSTORMING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNRI

Eliwarti Eliwarti

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa
menulis esai. Teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming diaplikasikan kepada mahasiswa yang
mengambil MK Writing III. Pre-test dilakukan sebelum tindakan dan setelah tindakan dilaksanakan
post-test. Prosedur aplikasi teknik ‘Listing’ dalam aktifitas Brainstorming adalah: 1. Tuliskan topik
dibagian atas kertas. 2. Buatlah daftar setiap ide yang muncul dalam pikiranmu tentang topik. 3. Gunakan
kata, frase atau kalimat dan jangan khawatir tentang ejaan dan tata bahasa. 4. Tuliskan kembali daftar
dan kelompokkan ide-ide yang sama bersama-sama. Coret item-item yang tidak sesuai atau yang
berulang-ulang. Setelah tindakan (2 siklus), terdapat peningkatan skor rerata dari pre-test (53.77) ke
(63.49). Hasil observasi juga menunjukkan bahwa aktifitas mahasiswa dalam mengikuti prosedur
pembelajaran dengan teknik Listing adalah 68.6%. Ini memenuhi standard kompetensi yang diterapkan
(³ 61). Disamping standard kompetensi yang diterapkan, t-test juga dilakukan untuk melihat keefektifan
teknik Listing. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3.92) lebih besar dari nilai ‘t’ tabel pada
taraf signifikan 0.05 (2.021) and 0.01 (2.704). Ini menunjukkan bahwa teknik Listing dalam aktifitas
Brainstorming adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis esai.


Keywords


Brainstorming Technique, Listing, Writing Essay

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.10-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Eliwarti Eliwarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.