PENINGKATAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA D3 STIFAR YAYASAN UNIVERSITAS RIAU MELALUI PERMAINAN DRAMA

Jismulatif '

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkan kemampuan mahasiswa D3
STIFAR yayasan Universitas Riau berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sebagai sampel penelitian ini
adalah 25 orang mahasiswa D3 STIFAR yang mengambil matakuliah bahasa Inggris. Sebelum
pelaksanaan tindakan menggunakan aktifitas drama dalam proses pembelajaran, dilakukan pre-test
speaking terhadap mahasiswa. Hasil dari pre-test memperlihatkan bahwa kompetensi mahasiswa
berbicara bahasa Inggris kurang memuaskan skor rata-rata pre-test mahasiswa, 51,47. Setelah
dilaksanakan tindakan melalui aktifitas bermain drama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris,
dilaksanakan post-test. Hasil post-test mahasiswa setelah pembelajaran melalui aktifitas Drama terlihat
bahwa kompetensi mahasiswa meningkat dengan skor rata-rata, 67,75. Dari hasil post-test tersebut
menandakan bahwa aktifitas permainan Drama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sangat
bermanfaat bagi mahasiswa. Aktifitas Drama dapat meningkatkan motivasi, percaya diri, keberanian,
dan kesenangan mahasiswa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.


Keywords


Rendahnya kompetensi mahasiswa, Drama, Berbicara, Mahasiswa Farmasi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.2.108-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jismulatif '

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.