PEMBELAJARAN PBS TIPE SEARCH, SOLVE, CREATE DAN SHARE (SSCS) DENGAN MOLYMOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJARMATAKULIAH KIMIA ORGANIK II

Jimmi Copriady, Rajawali Usman Rery

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, motivasidan hubungannyadalam
pembelajaran Problem Based Solving(PBS) tipe Search, Solve, Create Dan Share (SSCS) dengan
Molymodterhadap mahasiswa program studipendidikan kimia pada pembelajaran Kimia Organik II di
program studi pendidikan Kimia FKIP Unversitas Riau tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini
menggunakan metode Kuasi Eksperiment. Sampel kajian merupakan populasi total dari mahasiswa
yang mengikuti mata kuliah Kimia organik II sebanyak 44 orang. Dapatan kajian dianalisis menggunakan
statistik Non parametrik (Mann-WhitneyU) untuk melihat perbedaan motivasi dan hasil belajar serta
menggunakan Korelasi Rank Kendalluntuk melihat hubungan antara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi
dan hasil belajar mahasiswakelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.Hasil analisis Rank Kendall
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar mahasiswa
yang menggunakan pembelajaran PBS tipe Search, Solve, Create Dan Share(SSCS) dengan Molymod.


Keywords


Molymod, SSCS, Hasil Belajar, Problem Based Solving dan Motivasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.2.71-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jimmi Copriady, Rajawali Usman Rery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.