PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING SCHOOLOGY SMAN 8 PEKANBARU RIAU

Asnita Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelasXII SMAN 8 selama bencana kabut asap Riau dengan menerapkan pembelajaran E-learning Schoology.Dari hasil penelitian PTK didapatkan hasil, dari tiga submotivasi yang ada, submotivasi minat memperolehangka yang lebih rendah yaitu 3.98 dibandingkan submotivasi persepsi (4.14) dan kebermanfaatan(4.16).selanjutnya untuk hasil belajar pada siklus 1 diperoleh rerata ulangan harian sebesar 8.45 (tuntas),dan siklus kedua sebesar 8.80 (tuntas). Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajarane-learning schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XII SMAN 8selama musim bencana kabut asap di Riau. Diharapkan bagi guru-guru biologi dan mata pelajarannyalainnya di SMA dapat menerapkan e-learning schoology dan melakukan penelitian lebih lanjut tidakhanya pada musim bencana kabut asap, tetapi juga dapat diterapkan pada pembelajaran biasa yangberbasis teknologi.

Keywords


hasil belajar, motivasi, e-learning schoology

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.1.52-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Asnita Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.