PENGARUH PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MENDENGARKAN DARI MAHASISWA SEMESTER DUA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Syofianis Ismail, Marhamahand Lola Oktasari

Abstract


Podcasting adalah multimedia yang menyediakan banyak bahan otentik untukmendengarkan dan dapat didownload di internet secara bebas. Podcasting saat ini menjadi alternatifcara belajar mendengarkan yang dapatmemberikanefekpositifterhadappemahamansiswadalammendengar. Menggunakan podcast sebagai media pembelajaran membuka kesempatan barudalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Bahasa Inggris DiUniversitas Islam Riau Pekanbaru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak daripenggunaan podcast terhadap kemampuan mendengar siswa pada matakuliah listening . Sampelpenelitian ini terdiri dari 31 siswa yang diambil secara purposive random sampling dari mahasiswasemester kedua. Instrumen penelitian ini adalah tes pendengaran dengan menggunakan TOEFL IBT.Dalam penelitian ini, tes terdiri dari enamtopik dengan 30 item pertanyaan. Efektivitas podcast dapatdilihat dalam peningkatan pemahaman pendengaran siswa dengan membandingkan nilai rata-rata pretestdan post-test. Setelah menganalisis pengujian, penulis menemukan bahwa skor rata-rata post-testlebih besar dari pre-test (36,38untuk post-test dan 27,80 untuk pre-test) secara signifikan pada tingkat1%. Oleh karena itu, hipotesis null ditolak dan hipotesisal ternatif diterima. Artinya, podcast dapatmemberikan efek positif pada pemahaman pendengaran siswa.

Keywords


Podcast, Pemahaman Pendengaran Siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.1.44-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Syofianis Ismail, Marhamahand Lola Oktasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.