PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI II PADA POKOK BAHASAN ASET TETAP

Fenny Trisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkanpembelajaran model problem posing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yangdilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak satu pertemuan. Objek penelitian iniadalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang mengambil mata kuliah Dasar-dasarAkuntansi II tahun ajaran 2013/2014. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini berjumlah 36 orang,namun dalam pelaksanaannya hanya 33 orang yang ikut serta selama tatap muka untuk dua siklus yangdilaksanakan. Sumber data penelitian berasal dari mahasiswa. Pada siklus I, mahasiswa yang mengalamiketuntasan dalam hasil belajar hanya sebanyak 75,76%. Pada siklus II, hasil belajar sudah mengalamipeningkatan, sehingga semua mahasiswa sudah mengalami ketuntasan dalam hasil belajar atau sebanyak100%. Peningkatan ini disebabkan karena mahasiswa sudah semakin paham dan mereka lebih aktifberdiskusi dalam kelompoknya untuk memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penerapan pembelajaranmodel problem posing dapat disimpulkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswakhususnya pada pokok bahasan aset tetap.

Keywords


Problem posing, Penelitian Tindakan Kelas, aset tetap

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.1.36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fenny Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.