PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI EKONOMI MAKRO LANJUTAN MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING

Henny Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan ProjectBased Learning pada mata kuliah Teori Ekonomi Makro Lanjutan. Penelitian dilaksanakan di FKIPUniversitas Riau Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi. Subjek penelitian adalahmahasiswa semester 5 konsentrasi Koperasi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riauyang mengikuti mata kuliah Teori Ekonomi Makro Lanjutan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Keseluruhan mahasiswa berjumlah 28 orang, yang terdiri 18 (64 persen) mahasiswa perempuandan 10 (36 persen) mahasiswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Masing-masingsiklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwadengan menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Teori Ekonomi MakroLanjutan, dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dengan meningkatnya motivasi belajarmahasiswa, menyebabkan daya serap mahasiswa terhadap materi pembelajaran juga meningkat. Ada 21orang mahasiswa (71 persen) yang memiliki motivasi tinggi dan sangat tinggi, serta 23 orang mahasiswa(82 persen) yang memperoleh nilai lebih dari 70. Artinya target penelitian telah tercapai, sehingga modelpembelajaran PjBL dikatakan berhasil meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Keywords


model pembelajaran PjBL, Teori Ekonomi Makro Lanjutan, motivasi belajar,prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.1.17-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Henny Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.