PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 SEBAUK-BENGKALIS

Zawil Irham

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research adalah untuk mengetahuiapakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 19 Sebauk Bengkalis.Sampel penelitian, siswa kelas empat sekolah dasar yang berjumlah 31 orang. Sebelum pelaksanannpembelajaran siswa diberi tes awal, dan setelah dilakukan tindakan setiap siklus siswa diberi post-test.Hasil observasi pada siklus 1 adalah ( 56.0% ) dan skor hasil test mahasiswa berkisar (60.4). Hasilini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 65. Sehingga diadakantindakan ke dua dengan tetap menggunakan media gambar. Setelah tindakan pada siklus II berdasarkanobservasi meningkat (76.6%) dan tes yang dilakukan ternyata kemampuan siswa meningkat menjadi(84). Hasil penelitian menyimpulkan peningkatan penggunaan media gambar sebesar 8% dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa sebesar 20,6% dan hasil belajar siswa sebesar 16,1%.

Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, PKN, PTKIMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH P


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.5.2.137-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Zawil Irham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.