PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF DI KAWASAN PERKEBUNAN SAGU (Metroxylon sp) KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Nahor Murani Hutapea, Sehatta Saragih

Abstract


Penelitian ini tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melaluiPembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon sp) Kabupaten Kepulauan Meranti,T.A 2014/2015 semester ganjil pada topik sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.Tujuan penelitianuntuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa SMA melalui PG.Penentuan lokasi dan sampel sekolah secara pourposive sampling yaitu di tiga kecamatan: TebingTinggi (produksi sagu rendah) SMAN-1 Selat Panjang; Merbau (produksi sagu sedang) SMAN-1Merbau dan Tebing Tinggi Timur (produksi sagu tinggi) SMAN-4 Sei Tohor. Pada sampel kelas PKVdanPG, dilakukan pretes dan postes. Pengumpulan data digunakan perangkat pembelajaran: RPP,LAS, media dan silabus; instrumen: tes KKM, lembar aktivitas (guru, siswa). Data dianalisis menggunakanuji Mann Whitney, t, anava dua jalur melalui program SPSS 17.Hasil menunjukkan: pencapaian KKMsiswa melalui PG > PKV untuk setiap kawasan penelitian (tinggi: 7,67> 5,82; sedang:8,43> 6,04;rendah: 9,52 > 6,65). Peningkatan KKM siswa melaluiPG >PKV ( tinggi: 0,58 > 0,43; sedang: 0,64> 0,44; rendah: 0,72 > 0,48). Tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran dankawasan perkebunan sagu terhadap peningkatan KKM siswa. PG nyata meningkatkan KKM siswa(Sig.1-tailed= 0,00 < 0,05).

Kata Kunci: Peningkatan, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran generatif, kawasansagu,Kabupaten Kepulauan Meranti.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.5.2.88-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Nahor Murani Hutapea, Sehatta Saragih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.