EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBARAN KERJA MAHASISWA BERBASIS PENEMUAN PADA MATA KULIAH GELOMBANG

Mitri Irianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Lembaran KerjaMahasiswa (LKM) berbasis penemuan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian preeksperimen ini dengan rancangan intact group comparison dilakukan dengan cara membagi mahasiswaatas dua kelompok belajar yang homogen. Kemudian secara acak ditentukan kelas eksperimen denganmenggunakan LKM berbasis penemuan dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumenpengumpul data yang digunakan adalah lembaran pengamatan, angket respon mahasiswa dan tes hasilbelajar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberikan tes hasil belajar kepada mahasiswasetelah pembelajaran. Pengamatan terhadap kerja mahasiswa dilakukan saat proses pembelajarandengan menggunakan LKM berbasis penemuan dan pada akhir pembelajaran diberikan angket responmahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskriftif dengan cara tabulasi dan persentase. Hasil peneltianini menunjukkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan LKM berbasis penemuan lebih tinggidari hasil belajar mahasiswa dengan tanpa LKM. Hasil penilaian kerja mahasiswa pada kategori baik,dan 95% mahasiswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan LKM berbasis penemuan.Dengan demikian penggunaan LKM berbasis penemuan efektif dalam meningkatkan hasil belajarmahasiswa program studi Pendidikan Fisika pada mata kuliah gelombang.

Kata kunci:LKM berbasis penemuan, hasil belajar, Gelombang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.5.2.61-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Mitri Irianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.