THE CORRELATION BETWEEN READING COMPREHENSION AND TRANSLATION ABILITY OF THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM OF FKIP UNIVERSITAS RIAU

Mardyah Yovivah, Supriusman Supriusman, Masyhur Masyhur

Abstract


 

Abstrak: Salah satu kemampuan bahasa terpenting yang dibutuhkan siswa adalah pemahaman bacaan. Memahami makna teks untuk menentukan makna kalimat leksikal disebut pemahaman bacaan. Membaca juga melibatkan proses penerjemahan. Konten tekstual dan menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain merupakan subjek kegiatan penerjemahan. Akibatnya, siswa memperoleh sejumlah keuntungan dari proses penerjemahan dalam hal meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca dan kemampuan menerjemahkan mahasiswa semester enam Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Metodologi penelitian kuantitatif korelasional digunakan dalam penelitian ini. Tujuannya adalah untuk menunjukkan hubungan antara dua variabel. Dalam penelitian ini, dua variabel adalah pemahaman bacaan siswa dan kemampuan menerjemahkannya. Populasi penelitian ini adalah 3 siswa kelas enam semester, sedangkan sampelnya adalah 37 siswa dari kelas B. Data dikumpulkan dari dua bagian tes, yaitu pilihan ganda dan tes esai. Hasil hipotesis menunjukkan hipotesis alternatif (Ha), yaitu Asymp.sig. (2-tailed) sebesar (0,01 < 0,05). Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman bacaan dan kemampuan menerjemahkan siswa. Diharapkan materi pembelajaran seperti penggunaan novel, berita, artikel, dan media tertulis lainnya dapat meningkatkan pemahaman bacaan dan kemampuan menafsirkan siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdellah, A.S. 2002. What Every Novice Translator Should Know, Retrieved on December 27, 2018 from https://www.proze.com/translationarticles/299/1/What-Every-Novice Translator-Should-Know.html.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dennis. D. V. 2008. Are Assessment Data Really Driving Middle School Reading Instruction? What we can learn from one students experience. Journal of Adolescent an Adult Literacy ,51, 578-587. https://dx.doi.org/10.1598/JAAL.51.7.5.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching, Fourth Edition. Pearson Longman: Harlow

Hock, M., & Daryl, M. 2005. Reading Comprehension Strategies for Adult Literacy Outcomes. Journal from the International Reading Association.

Kwiatkowska-White, B. 2012. Understanding reading comprehension performance in high school students. Queen's University (Canada).

Lodico et al. 2010. Methods in Educational Research. San Frasisco: Jossey-Bass.

Murdan. 2012. Statistik Penelitian dan Aplikasinya. Banjarmasin: CYPRUS.

Nababan, M. Nuraeni, A and Sumardiono 2012. Pengembangan Model Penilaian Kualitas Terjemahan. Journal Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 24, No. 1,: 39-57.

Newmark. 1988. A Textbook of Translation. New York: Prentke Hall International.

Pardo, L S. 2004. What Every Teacher Needs to Know about Comprehension: in the Reading Teacher. Columbus: Pearson.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Widyaningrum, Retno. 2007. Statistik Pendidikan: Variabel Bivariat. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jp.15.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mardyah Yovivah, Supriusman Supriusman, Masyhur Masyhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.