ANALISIS PREKONSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI, KONTEKS FLARE, DAN HUBUNGAN KEDUANYA

Authors

  • Nina Safitri Universitas Negeri Medan Author
  • Feri Andi Syuhada Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Preconception, oxidation reduction reaction, flare, model of educational reconstruction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prekonsepsi peserta didik terhadap konsep reaksi oksidasi reduksi (redoks), konteks flare, dan hubungan keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada komponen kedua Model Of Educational Reconstruction (MER), yaitu studi empiris terkait dengan prekonsepsi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar prekonsepsi yang diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas XI IPA. Data penelitian yang diperoleh berupa tranksrip hasil jawaban peserta didik pada lembar prekonsepsi yang dijabarkan secara kualitatif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya peserta didik sudah mempelajari dan mengetahui konsep reaksi oksidasi reduksi tetapi masih belum mampu memahami konsep seutuhnya. Konteks flare sendiri dikalangan peserta didik cukup dikenal, namun pengetahuan peserta didik tentang flare masih sedikit dimana banyak peserta didik yang belum mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan flare apalagi mengaitkannya dengan konsep reaksi oksidasi reduksi. Meskipun begitu, peserta didik memiliki pandangan yang cukup terbuka terhadap penerapan konteks flare ke dalam materi pembelajaran kimia reaksi oksidasi reduksi.

Downloads

Published

2024-07-29